Slamet Kuspriyono

Nama : Slamet Kuspriyono, S.T

Alamat : Karanganyar Pekalongan

Madik : Ototronik

Web-site : 

http://slametkuspriyono.blogspot.com/

Facebook : 

http://www.facebook.com/slamet-kupriyono

2 responses

22 01 2012
m.khaeruzad X otr 2

Jawaban
1 Tujan penggunaan sistem pengapian pada kendaraan adalah:
-menyediakan percikan bunga api bertegangan tinggi pada busi untuk membakar campuran udara /bahan bakar di dalam ruangan bakar engine.
-mengatur saat pengapian untuk mengerjakan unjuk kerja terbaik dari engine pada seluruh kondisi kerja engine.

2. a.baterai (accu/aki):
komponen ini berfungsi menyediakan arus tegangan rendah 12 volt untuk ignition coil.Baterai adalah elektrokimia yang di buat untuk mensuplai listrik ke sistem stater mesin,sistem pengapian,lampu-lampu,dan komponen lainnya.
b.kunci kontak
pada sistem pengapian kunci kontak berfungsi menghubungkan dan memutuskan aliran listrik dari bateri ke ignition coil.
c.coil
pada sistem ini,ignition berfungsi untuk menaikan tegangan (12 V) menjadi tegangan tinggi (15 V sampai 20 KV) yang di perlukan untuk pengapian .
d.kabel tegangan tinggi
kabel tegangan tinggi pada sistem pengapian mempunyai fungsi sebagai penghantar tegangan tinggi yang di hasilkan ignition coil ke busi-busi melalui distributor tanpa ada kebocoran.
e.busi
arus listrik tegangan tinggi dari distributor membangkitkan bunga api dengan tamperatur tinggi diantara elektroda tengah dan masa dari busi untuk membakar campuran bahan bakar yang telah di kompresikan. Busi yang harus menjaga kemampuan penyalaan untuk jangka waktu yang lama,meskipun mengalami temperatur tinggi dan perubahan tekanan dan menjaga tahanan insolator dari tegangan tinggi antara 10 KV sampai 20 KV.

3. a.cam (nok):membuka dan menutupnya breaker point/platina.
b.breaker point(platina):memutus aliran arus dari baterai ke coil hingga menghasilkan arus aliran listrik tegangan tinggi.
c.capasitor(condensor):untuk menyerap loncatan bunga api pada breaker point.
d.centrifugal governor advancer:memajukan saat pengapian pada waktu putaran mesin.
e.vacum advancer:memajuan pengapian pada saat kevakuman pada intake manifold(beban mesin)
f.rotor:menghasilkan arus tegangaan tinggi yang di hasilkan dari ignition coil ke tiap-tiap busi.
g.distributor cap:membagikan arus tegangaan tinggi dari rotor ke kabel ke tegangaan tinggi untuk masing-masing silinder.

4

5. pada platina menutup(+) baterai menuju switch on menuju ke primary coil menuju breaker poin menutup menuju massa(-)batera.
Pada saat platina membuka:(+)baterai menuju switch on menuju ke primary coil menuju breaker poin membuka menuju primary coil(medan magnet hilang) menuju arus induksi dari primary coil di induksikan ke secondary coil menuju rotor kemudian menuju busi dan menuju massa serta(-)baterai.
6. TIDAK TAHU
7 .TIDAK TAHU
8.terminal baterai,tegangan baterai,volume elektrolit,kode bateri,kotak baterai,tutup baterai dan sel baterai.

9. hitam kering:campuran pembakaran terlalu gemuk atau kaya.warna hitam di sababkan bensin tidak terbakar babis hingga menempel pada mulut busi.
Hitam basah:oli naik ke ruang bakar,tekanan oli terlalu tinggi,permukaan silinder oblak,katup dan bos katup aus,jumlah oli mesin melebihi kapasitas,campuran oli samping dan bensin tidak pas(untuk 2 tak),tekanan udara di bak oli terlalu tinggi.
Abu-abu muda:mesin bagus dan masih bias di gunakan
Putih:pembakaran kurang sempurna campuran antara bahan bakar dan angin kurang tepat sehingga keadaan busi tidak akan awet biasa nya ujung busi MELEPUH(habis terbakar) jadi busi kurang awet

10. perbedaan kalau sistem pengapian konversonal menggunakan breaker poin atau platina sedangkan sistem pengapian elektronik tidak mengunakan breaker poin atau platina melainkan menggunkan air GAP.
Keuntungan sistem pengapian elektronik di banding sistem pengapian konversonal ketika pemeriksaan tidak melepas breaker poin atau platina dan coil sudah di dalam distributor.

17 11 2012
allawi

mengapa perlu mengajukan pengapian dengan governor advancer ..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: