In House Training : Implementasi Kurikulum 2013 di SMK Gondang

14 12 2013

Implementasi Kurikulum 2013Acara pembukaan IHT : Implementasi Kurikulum 2013 pada SMK Gondang dibuka oleh Kepala Sekolah dan disambut baik oleh ketua Yayasan Gondang. Dalam sambutannya, H.A. Najib mengharapkan kepada Guru untuk “NRIMO ING PANDUM” dalam menyikapi aturan baru dari Dinas Pendidikan “Kurikulum 2013”.

Kepala SMK Gondang membuka secara resmi IHT tersebut, pada hari Sabtu, 14 Desember 2013. Beliau berkomitmen untuk menerapkan Kurikulum 2013 ini mulai semester depan, yaitu semester Genap tahun Pelajaran 2013/2014. Pertanyaannya adalah apakah bisa ? Tentu saja SMK BISA….

Drs. H. Muzaki, MM., Pengawas SMK Kabupaten Pekalongan, memberikan materi sekaligus memberikan semangat bahwa Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Untuk melaksanakan Kurikulum 2013 sangatlah mudah, karena perbedaannya bisa dilihat di tabel dibawah ini :

No KBK 2004 KTSP 2006 Kurikulum 2013
1 Standar Kompetensi Lulusan diturunkan dari Standar Isi Standar Kompetensi Lulusan diturunkan dari kebutuhan
2 Standar Isi dirumuskan berdasarkan Tujuan Mata Pelajaran (Standar Kompetensi Lulusan Mata Pelajaran) yang dirinci menjadi Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Standar Isi diturunkan dari Standar Kompetensi Lulusan melalui Kompetensi Inti yang bebas mata pelajaran
3 Pemisahan antara mata pelajaran pembentuk sikap, pembentuk keterampilan, dan pembentuk pengetahuan Semua mata pelajaran harus berkontribusi terhadap pembentukan sikap, keterampilan, dan pengetahuan,
4 Kompetensi diturunkan dari mata pelajaran Mata pelajaran diturunkan dari kompetensi yang ingin dicapai
5 Mata pelajaran lepas satu dengan yang lain, seperti sekumpulan mata pelajaran terpisah Semua mata pelajaran diikat oleh kompetensi inti (tiap kelas)

File-file yang bisa di unduh :

Download ButtonHari ke dua :

Tanggal 15 Desember 2013, materi SKL ( Permen: 54 ) STANDAR KOMPETENSI LULUSAN disampaikan oleh nara sumber Kepala SMK N 1 Sragi Bapak Ibnu Nafis, SPd, MSi,

Mengapa Kurikulum KBK 2004 dan KTSP 2006 ditinggalkan dan menuju ke Kurikulum 2013 ?

Tujuannya untuk mempersiapkan manusia indonesia agar memiliki kemampuan hidup sebagai pribadi dan warga negara yg beriman , produktif , kreatif , inovatif , dan afektif serta mampu berkonstribusi pada kehidupan masyarakat , berbangsa , bernegara dan peradaban dunia.

Karena karakter K-13 (sebutan untuk Kurikulum 2013), mempunyai karakteristik yaitu :

  1. Menekankan pada pengembangan sikap (keagamaan dan sosial), rasa ingin tahu, kreativitas, kerja sama.
  2. Sekolah tidak terpisah dari masyarakat
  3. Mengembangkan ketrampilan menerapkan untuk setiap pengetahuan yang dipelajari untuk menghilangkan verbalisme
  4. Menempatkan peserta didik sebagai subjek dalam belajar

Sesi kedua hari kedua, nara sumber dari SMK N 1 Kendal, Bapak Arif Edyanto, M.Pd., beliau adalah Guru teladan Nasional. Beliau memberi refleksi untuk guru “Jika Anda tak mancintai pakarjaan Anda berhentilah dan barikan kasempatan 0rang lain yang mancintainya. Saya malihat ada sebagian Guru yg kualitas hidupnya tak berubah. Manurutku ini ada yang salah. Mengajar 10 tahun mungkin dimaknai dengan kerja
1 tahun dan diulang salama 10 kali. Banyak yang ingin SUKSES dan bahagia tapi parjuangannya satengah-setengah, gaji ingin tinggi tapi kualitas mengajar tak  diperbaiki, jabatan ingin di atas tapi masih berpihak pada sikap malas. Oh Guru ini prufesi mulia, mari hantarkan anak-anak perubahan bangsa ini menjadi generasi emas agar kita bisa TERSENYUM esok kalau sudah tua.”
Nara sumber guru teladan nasional


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: